Kecamatan Terentang
Kabar Kecamatan

Musrenbang Terentang Prioritaskan Jalan Teluk Empening

TERENTANG,– Jalan Poros Desa Teluk Empening Kecamatan Terentang Kabupaten Kubu Raya menjadi prioritas usulan pembangunan 2021 mendatang saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kecamatan Terentang, Kamis (6/2)
Camat Terentang, Suharto mengatakan musrenbang kecamatan ini dilaksanakan setiap tahun untuk merekap usulan dari semua desa dan diharapkan tidak hanya menjadi seremonial atau sebagai kelengkapan dokumen dalam penyusunan program pembangunan di tingkat kecamatan.
“Namun kegiatan ini dilaksanakan sebagai dasar utama apa yang akan dibangun pada 2021 nanti,” ujarnya.
Dia mengatakan ada sepuluh desa di kecamatan terentang, masing-masing pada saat musrenbang sudah menyiapkan usulan yang sebelumnya sudah dimasukkan dalam Sistem Informasi Menajemen Perencanaan dan Pelaporan (SIMRAL) Kabupaten Kubu Raya.
“Usulan tersebutlah yang akan dirangkingkan dalam musyawarah ditingkat kecamatan,” jelasnya.
Dia mengatakan, banyak usulan yang sudah direkap di tingkat kecamatan, jalan poros Teluk Empening menjadi pembahasan utamanya karena jalan poros tersebut menjadi prioritas usulan kecamatan untuk tahun 2021.
“Sebelumnya diharapkan pada tahun 2020 ini dapat terealisasi dalam APBD Kubu Raya dan kami prioritaskan jalan ini karena merupakan jalur utama ke Kecamatan Terentang, hampir semua masayrakat terentang yang akan ke kota melewati jalan poros ini,” tukasnya.
Saat ini kata dia ada beberapa ruas jalan kondisinya rusak parah sehingga cukup sulit untuk dilewati bahkan pernah ada korban jiwa akibat rusaknya jalan tersebut.
“Untuk itu kami benar-benar berharap ini dapat terealisasi 2021 mendatang,” imbuhnya.
Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Agus Sudarmansyah dalam kegiatan itu merespon baik apa yang telah disampaikan Camat Terentang, apalagi dirinya sebagai Ketua Badan Anggaran DPRD Kubu Raya yang juga merupakan perwakilan dari wilayah pemilihan Kubu Raya III mencakup wilayah Kecamatan Terentang.
“Apa yang telah camat prioritaskan ini akan jadi bahan catatan saya, apalagi ini merupakan dapil Saya, artinya saya memiliki tanggung jawab besar untuk menyerap aspirasi masyarakat Kecamatan Terentang, kita sama sama berjuang agar usulan ini dapat terealisasi tahun depan,” kata legislator asal PDI Perjuangan ini.
Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, SE dalam pembukaan acara mengatakan akan berkomitmen menuntaskan permasalahan yang telah disampaikan dalam kegiatan Musrenbangcam dan akan menyampaikan langsung kepada Bupati Kubu Raya agar dapat terdanai pada perubahan Anggaran APBD 2020 ini.
“Sebagai kecamatan paling ujung di Kabupaten Kubu Raya dengan infrastruktur yang kurang memadai saya merasa prihatin apalagi ada sampai ada stigma bahwa Kecamatan Terentang ini merupakan tempat buangan bagi para ASN dan abdi negara lainnya,” tukasnya.
Di sesi dialog menyerap masukan, beberapa kepala desa juga menyampaikan pandangan mereka terkait perencanaan pembangunan 2021 mendatang, salah satunya Kepala Desa Terentang Hilir, Heri Yulianto yang sepakat jika jalan poros di Teluk Empening ini diprioritaskan karena merupakan jalur utama masyarakat Kecamatan Terentang. (firdaus)

Related posts

Kecamatan Terentang dambakan Perbankan

MuhammadFirdaus

Kecamatan Terentang Laksanakan Musrenbangcam 2021

MuhammadFirdaus

Dua desa Perdana melaksanakan Musrenbangdes di Terentang

MuhammadFirdaus

Leave a Comment